Selasa, 23 Oktober 2018

Tugas 1 Sistem Informasi Psikologi


Tugas Sistem Informasi Psikologi Analisis Kasus

Afina Darajat 10515236
4PA12

Kasus:

Contoh kasus pada sistem informasi psikologi, dapat dilihat pada tes-tes psikologi berbasis online. Apabila kita sering menggunakan media jejaring sosial seperti facebook atau twitter, akan mudah dijumpai konten konten atau aplikasi yang berkaitan dengan psikologi seperti motivasi, dan tes-tes kepribadian. Tes psikologi dalam bentuk online seperti ini memang dapat diakui sangat praktis.
Dengan muncul dan berkembangnya tes online seperti ini juga mempengaruhi dunia psikologi yang sudah ada sejak dulu. Jika biasanya kita yang harus bertemu dan bertatapan langsung dengan psikolog untuk bertanya dan berkonsultasi dengan masalah psikologis kita, sekarang ada suatu bentuk forum online yang menyediakan suatu sarana tanya jawab dengan ahli psikologi. dengan adanya tes dan bahasan psikologi secara online memang mepermudah kita, tetapi tetap akan lebih baik dan mendalam bila melakukan konsultasi dan tes secara langsung dengan psikolog.

Analisis:
Data
Informasi
Kumpulan fakta atau bukti yang akan diolah menjadi informasi.
Sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.
Contoh:
  Perusahaan sekarang ini banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga.
  Konseling online : anak-anak, remaja, wanita dll
  Tes IQ
  Tes Kepribadian :  Tes Rorschach atau bercak tinta adalah salah satu sarana proyeksi yang dapat digunakan untuk mengungkap kepribadian. (http://theinkblot.com)

Contoh:
Hasil dari serangkaian tes-tes psikologi yang telah dilakukan. Misalkan, nilai dari skor tes IQ sebesar 120.
Menurut saya dengan adanya teknologi seperti sekarang ini, memudahkan kita dalam mendapatkan informasi, khususnya mengenai psikologi atau informasi mengeni tes psikologi. Jika sebelumnya kita terlebih dahulu harus membuat janji untuk melakukan tes psikologi, tapi di era modern seperti ini kita bisa melakukan tersebut secara online.



Sumber:


(diakses pada tanggal 23/10/18 pukul 23:35 WIB)




0 komentar:

Posting Komentar