2PA12
A.
Sejarah
Komunitas Online
Komunitas online merupakan sebuah bentuk peradaban
baru di kehidupan manusia. Komunitas online yang menggunakan sosial media
sebagai alatnya, secara perlahan membuat revolusi didalam kehidupan masyarakat
menjadi penggerak sebuah perubahan dalam berbagai bidang, baik dibidang sosial,
politik, ataupun ekonomi. Pertumbuhan jaringan komputer global yang disebut
internet, berjalan cepat. Internet memfasilitasi munculnya interaksi online
secara tersebar. Interaksi ini membentuk suatu komunitas online. Komunitas ini
memiliki berbagai kepentingan dari kelompok-kelompok kecil yang terlibat dalam
diskusi dengan topik tertentu, sampai jaringan pemasaran barang dan informasi.
Media ini juga bisa digunakan untuk agenda kepentingan politik, sarana
komunikasi keluarga dan etnis, penjualan barang konsumsi, sampai kepentingan
perusahaan.
Tahun 1997 Muncul situs jejaring sosial
pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs
Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com
di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding
Classmates.com.
Tahun 1999 Muncul situs untuk
membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk
bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa
memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah.
sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media
sosial.
Kaskus lahir pada tanggal 6
November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di
Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Kaskus yang dikembangkan oleh Andrew, Ronald,
dan Budi ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Konsep awal Kaskus
sebenarnya adalah situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di
luar negeri akan kampung halaman melalui berita-berita Indonesia.Situs www.kaskus.us
pada saat ini dikelola oleh PT. Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang pada
saat ini berjumlah lebih dari 2.000.000 member, tidak hanya berdomisili dari
Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya
berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa.
Tahun 2002 Berdirinya Friendster,
situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah
media sosial menjadi fenomenal akibat ledakan para penggunanya.
Tahun 2003 Berdirinya LinkedIn, tak
hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan,
sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
Tahun 2003 Berdirinya MySpace,
MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya, sehingga myspace di katakan
situs jejaring sosial yang user friendly.
Tahun 2004 Lahirnya Facebook, situs
jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu
situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
Tahun 2006 Lahirnya Twitter, situs
jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter
hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi
140 karakter.
Tahun 2011 Lahirnya Google+, google
meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal
peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google.
Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
B.
Polarisasi
Internet Polarisasi
Kelompok
Polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulnya
pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu. Manfaat dari polarisasi
pendapat kelompok adalah memperkuat pandangan rata-rata kelompok sehingga tidak
memecah-mecah pandangan kelompok. Polarisasi kelompok dapat juga terjadi karena
perbandingan sosial, yaitu menilai pendapat dan kemampuan seseorang dengan cara
membandingkannya dengan pendapat dan kemampuan orang lain. Seringkali keputusan
yang dibuat kelompok lebih ekstrim dibandingkan dengan keputusan individu. Hal
itu disebabkan karena adanya perbandingan sosial. Tidak semua orang berada di
atas rata-rata. Oleh karena itu, untuk mengimbanginya perlu dibuat keputusan
yang jauh dari pendapat orang tersebut. Faktor yang mengubah kelompok adalah
informasi yang disampaikan selama disuksi kelompok tentang masalah. Alternatif
keputusan yang menerima jumlah argument yang paling besar adalah yang terpilih.
Dengan adanya polarisasi internet
berdasarkan kegunaannya dapat terjadi pengelompokkan. Baik kelompok yang
memiliki tujuan ataupun sebuah kelompok orang yang memiliki kesamaan nasib atau
pilihan. Polarisasi internet bahkan dapat terjadi pada sekelompok orang yang
secara tidak sadar menggunakan google sebagai search engine, memang tidak ada
hubungan/komunikasi antara mereka, namun orang dapat memandang bahwa mereka
adalah pengguna google atau “kelompok” orang yang menggunakan web browser
google.
Selain itupun dalam dunia maya terdapat forum yang
dimana setiap anggotanya menyadari mereka adalah bagian dari forum itu atau
bagian dari kelompok itu.
C.
Kelompok
Unik Dalam Internet
Kata “kelompok” dan “virtual” mungkin sudah tidak
asing lagi buat kita, tapi apa sih yang dimaksud dengan kelompok kerja virtual
? nah untuk menjawab pertanyaan tersebut,saya akan membahasnya dalam tulisan
saya kali ini. Sebelum membahas kelompok kerja virtual, ada baiknya kita
mengetahui terlebuh dahulu pengertian kelompok.
Kelompok kerja adalah dua individu atau lebih yang berinteraksi dan
bekerja sama serta saling bergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan
tertentu. Sedangkan virtual adalah dunia maya, jadi bisa disimpulkan kalau
kelompok kerja virtual itu adalah kelompok kerja yang berinteraksi melalui
internet atau dunia maya seperti email, pesan instan, database bersama dan
diskusi threaded dan kalender. Kalau menurut Wikipedia, tim virtual itu adalah
tim yang menggunakan teknologi komputer untuk menyatukan anggota-anggota yang
terpisah secara fisik guna mencapai tujuan bersama. Jadi walaupun kelompok yang
tidak berinteraksi secara langsung tapi mereka tetap bisa bekerja sama dengan
bantuan teknologi internet, mereka dinamakan kelompok kerja virtual.
Tujuan dibentuknya kelompok kerja virtual ini supaya lebih efisien dalam
bekerja dan menekan biaya. saat harus bekerja secara tim, mungkin saja tidak
semua anggota bisa hadir, maka dari itu dibuatlah kelompok kerja online supaya
mereka tetap bisa bekerja meskipun tidak bertemun secara langsung. Dengan
demikian, hal ini berarti juga bisa membuat pekerjaan jadi cepat diselesikan
dan meningkatkan produktifitas kerja.
Penggunaan kelompok kerja virtual secara umum digunakan di home industry
barang atau jasa, akuntan, pengacara, took online, kamar dagang, jaringan kelompok,
mediator, terapis, dan lain-lain.
D.
Kelompok
Kerja & Brainstroming
Kelompok kerja adalah dua individu atau lebih yang
berinteraksi dan bekerja sama serta saling bergantung satu sama lain untuk
mencapai tujuan tertentu.
Brainstorming adalah sebuah perencanaan atau piranti
yang digunakan untuk menampung kreatifitas kelompok dan biasanya digunakan
untuk menjadikan alat konsensus maupun untuk menjaring ide-ide yang diperlukan.
Adanya brainstorming dimaksudkan untuk mengumpulkan ide-ide kreatif sebanyak
mungkin di dalam suatu kelompok. Ada beberapa macam model brainstorming yang
diterapkan untuk menjaring ide sebanyak mungkin.
Jenis-jenis brainstorming antara lain:
Verbal brainstorming
: Saling bertukar pikiran dalam suatu kelompok yang dilakukan secara verbal
dengan tatap muka dan pertemuan langsung.
Nominal brainstorming
: Dalam penyampaian ide dilakukan secara terpisah, tidak saling berinraksi
dengan menuliskan idenya di kertas atau komputer.
Electronic brainstorming
: Bertukar gagasan melalui media elektronik dalam sebuah kelompok,media
elektronik yang digunakan biasanya berupa tools seperti Group Support System.
E.
Kepercayaan
Tim Virtual
Tim virtual menggunakan teknologi komputer untuk
menyatukan anggota-anggota yang terpisah secara fisik untuk mencapai tujuan
bersama. Sejumlah orang dimungkinkan untuk berkolaborasi secara online
menggunakan hubungan-hubungan komunikasi seperti jaringan tride-area,
konferensi video, atau e-mail, baik ketika mereka hanya terpisah dengan satu
ruangan maupun dengan benua.
Tim virtual bisa melakukan semua hal yang dilakukan
oleh tim yang lain, berbagi informasi, membuat berbagai keputusan, dan
menyelesaikan tugas. Tim ini juga beranggotakan dari organisasi yang sama atau
menghubungkan para anggota sebuah organisasi dengan para karyawan dari berbagai
organisasi lain (seperti para pemasok dan rekan-rekan bersama). Mereka bisa
mengadakan rapat selama beberapa hari untuk menyelesaikan masalah, beberapa
bulan untuk menyelasaikan sebuah proyek, atau secara tetap berdiri dalam
organisasi.
Tiga faktor utama yang membedakan tim virtual dari
tim yang bertemu muka secara langsung adalah:
(1)
Ketiadaan isyarat-isyarat paraverbal dan nonverbal
(2) Konteks
sosial yang terbatas
(3)
Kemampuan untuk mengatasi keterbatasan waktu dan ruang
Tim virtual sering kali mengalami hubungan sosial
yang kurang baik dalam berinteraksi langsung antaranggota. Mereka tidak bisa
meniru tindakan memberi dan menerima yang umum terjadi dari diskusi secara
berhadap-hadapan. Terutama ketika para anggota belum bertemu secara pribadi,
tim virtual cenderung lebih berorientasi pada tugas dan lebih sedikit bertukar
informasi sosial-emosional.
Tim virtual mampu melakukan pekerjaan mereka
meskipun anggota-anggotanya terpisah ribuan kilometer dan terpisah oleh satu
lusin zona waktu atau lebih. Tim ini memungkinkan orang-orang untuk bekerja
sama, yang bila tidak demikian tidak akan bisa berkolaborasi.
Untuk membangun kepercayaan tim virtual yaitu:
a.
Communication
Tidak hanya dalam tim virtual, komunikasi sangatlah
penting dalam kehidupan kita dengan masyarakat, komunikasi dibutuhkan untuk
menghindari kesalahpahaman dan kerancuan atau keraguan dalam tim.
b.
Cultural Awareness
Toleransi dan pengetahuan akan kebudayaan juga harus
diperhatikan, karena tidak semua anggota memiliki kebudayaan dan pengetahuan
yang sama seperti kita. Maka akan baik apabila mengadakan pedoman komunikasi
ketika mulainya terbentuk tim terbukti dapat membantu mengurangi kesalahpahaman
akibat perbedaan budaya.
c. Trust
Kepercayaan juga penting di antara anggota tim.
Kepercayaan untuk mendukung semua point di atas sebagai basis untuk komunikasi
yang terbuka dan menyangga motivasi semua individu yang bersangkutan.
Kepercayaan memerlukan perhatian khusus di setiap titik perkembangan tim
virtual. Karena antar anggota tim virtual biasanya berbeda tempat, maka
kepercayaan sangatlah penting.
Daftar
Pustaka
Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
BalasHapusSaya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------