Kamis, 06 Oktober 2016

LAYANAN APLIKASI DI INTERNET


Afina Darajat 10515236
2PA12

LAYANAN APLIKASI DI INTERNET
    a.      World Wide Web ( www.)
World wide web merupakan kepanjangan dari www yang berupa ruang informasi yang dipakai oleh pengenal di internet secara global. Pengertian world wide web sendiri adalah suatu pengidentifikasian sumber seragam untuk mengetahui secara pasti sumber data berguna dalam sebuah internet. Www merupakan bagian dari internet dan bukanlah dari keseluruhan internet. World wide web sendiri merupakan sebuah kumpulan penyedia jasa website yang ada di seluruh dunia. Melalui website inilah pengguna internet dapat mengakses informasi yang ada di dalam internet baik berupa gambar, teks ataupun video, suara dan berbagai hal lainnya yang bisa kamu temui saat menggunakan internet.

              www.facebook.com
              www.apple.com
              www.samsung.com
              www.gunadarma.ac.id

    b.      Elektronik Mail ( email )
Email adalah singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Pengeritan E-mail atau electronic mail atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP, satu orang bisa memiliki puluhan nomor bahkan ratusan.

Contoh: www.gmail.com
              www.yahoo.com
             
             
    c.    Search Engine
Search engine adalah Aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Di bawah ini beberapa macam searh engine yang sering digunakan oleh pemakai.
Contoh: Google
              Yahoo!
              (www.yahoo.com)
              Alltheweb
              (www.alltheweb.com)
              MSN

   d.     Aplikasi chatting beserta kelebihan dan kekurangannya
chatting adalah sebuah percakapan yang dilakukan antara dua atau lebih secara bersamaan dengan menggunakan fasilitas internet.Percakapan yang digunakan bisa berformat teks, suara atau video call. Berbagai software yang dapat dimanfaatkan untuk ber-chatting ria sangatlah banyak.

Contoh: Yahoo! Messenger
              Whatsapp
               Line
               BBM ( Blackberry Messenger )
               Facebook Messenger
               Kakaotalk

Kelebihan chatting:
1.      Mengirim pesan tertulis, suara, video lebih cepat
2.      Lebih mudah dan cepat menghubungi orang yang jaraknya jauh dengan kita
3.      Bisa chatting lebih dari 1 orang dalam 1 chat ( multichat/grup chat )
4.      Tidak terbatas oleh waktu
Kekurangan chatting:
1.      Bisa membuat kecanduan dan lupa waktu
2.      Banyak iklan-iklan yang tidak jelas
3.      Bisa bergaul dengan orang yang tidak jelas
4.      Membuat mata lelah karena kecanduan

              
    e.      E.  Netiquette
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette ini adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
1.      Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2.      Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
3.      dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya  plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian nomor kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.


              https://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette


0 komentar:

Posting Komentar